Selasa, 22 Juli 2014

http://www.geocities.ws/edosetiawan/makan-berlebihan-bisa-bikin-hilang-ingatan.jpg
Manusia memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu, ada banyak hal-hal indah yang dapat kita ingat selalu walaupun kita terkadang tidak bisa menghapus kenangan yang menyedihkan. Para peneliti telah mempelajari fakta unik bagaimana otak menyimpan ingatan yang harus disimpan dan membuang ingatan yang tidak perlu disimpan. Ada beberapa hal yang membuat kita mengingat suatu hal dengan sangat kuat hingga ingatan tersebut terus melekat pada diri kita, namun lucunya ada hal-hal sepele yang terkadang membuat kita kehilangan ingatan dalam jangka pendek. Berikut beberapa fakta unik tentang ingatan :

1. Lewat Pintu
http://www.joehartanto.com/joehartanto/wp-content/uploads/2010/11/pintu.jpg
Pernahkah kita melupakan suatu hal ketika kita melewati pintu? contohnya ketika anda berada di kamar dan anda ingin mengambil sisir di ruang TV namun ketika anda melewati pintu antara kamar anda dan ruang TV anda menjadi seperti linglung dan berpikir "apa tadi yang mau saya ambil?".
Menurut Gabriel bahwa melewati pintu akan membuat otak kita bereaksi dengan menciptakan ingatan baru dan memisahkan ingatan lama seseorang sebelum melewati pintu tersebut. Namun hal ini berguna untuk mengingatkan otak kita untuk mengingat kapan, dimana dan susunan kejadian yang telah kita lewati.

2. Aktivitas yang Menghapus Ingatan http://www.ciputranews.com/media/images/2014/04/ciputranews_1397185560.jpg
Aktivitas yang dimaksud adalah pekerjaan sehari-hari.Peristiwa ini sangat langka dan masih dalam tahap penelitian. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang melakukkan suatu kegiatan yang dapat menghapus ingatan, namun ini hanya bersifat sementara.

3. Ingatan Tidak Sepenunhya Menghilang/Kenangan Bisa Muncul Kapan Saja
 http://phalsephillysports.files.wordpress.com/2013/11/sad-man.jpg?w=300&h=199
Terkadang kita telah melupakan suatu hal selama bertahun-tahun, namun ketika ada orang yang tidak sengaja mengatakannya maka kita akan mengingatnya kembali. Bisa juga disebabkan ada suatu kejadian yang mengingatkan kita akan hal tersebut.


4. Otak Diprogram Untuk Melupakan Masa Balita
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaFGMayevqTouQ0Z3B10OakJqP1xG7KQMnu8ATnBGvL4MWV-wzvvOasmYzAlbfte_XVeHfzDSgzgYMWndDcy70ucJpW026ZtZyVyeFTwVljJyA32F_qV-JHpgASrBjH-VnxELc54a_MCl3/s1600/Bayi+menangis+sedih.jpeg
Adakah dari kita yang mengingat kenangan kita ketika masih berumur 1,2 atau 3 tahun? mungkin ada, namun ini merupakan peristiwa langka. Orang dewasa biasanya hanya bisa mengingat paling jauh tentang masa kecilnya pada umur 4 tahun keatas. Ini dikarenakan otak orang dewasa terus berkembang dam melupakan masa kecilnya dengan tujuan untuk melancarkan mekanisme kerja otak lebih lanjut.

5. De Javu http://www.learning-mind.com/wp-content/uploads/2013/10/dejavu.jpg
Admin yakin, dari kita pernah merasakan yang namanya de javu. Ya, suatu peristiwa yang kita alami sekarang seolah-olah kejadian tersebut pernah terjadi dimasa lalu dan sama persis dengan yang pernah kita lihat sekarang. Atau dalam kasus yang kedua, kita  datang ke suatu tempat tapi kita solah-olah pernah datang ketempat itu sebelumnya. Itulah de javu.


sumber: http://kamutaugasih.blogspot.com/2014/05/5-fakta-unik-dan-lucu-tentang-ingatan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Pages

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto Saya
Facebook: https://www.facebook.com/yutdydili.ramadhani Twit: https: @YutdyDili Ask.fm: http://ask.fm/Yutdy

Followers

Search Me