Selasa, 15 Juli 2014

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJv4rnhA8gjZVq71yaqYEyNzxTF1BKjifSJ8RgLpVRddHQc5pVS6XVi7Om_Erl0XcTRMdFxzeUCzafdma39Z__iy7jxJnGeWDWU31byWJpoBvVQDxABhUWhs9ECczC1bsDR3qMd1bZrPY/s1600/10+Besar+Profesi+dengan+Gaji+Tertinggi+di+Indonesia+(7).jpg
Karena tidak adanya kejelasan tentang standar gaji untuk sejumlah profesi membuat orang-orang menarik kesimpulan standar gaji profesi tersebut berdasarkan informasi yang didapat dari rekan satu profesinya.

Walaupun memiliki profesi yang sama, tapi antara satu orang dengan yang lainnya tidak akan memiliki gaji yang sama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan tingkat gaji tersebut. Salah satunya yaitu karena faktor pengalaman, faktor lainnya yaitu perusahaan tempat bekerja juga mempengaruhi pada besarnya gaji.

Dan berikut ini adalah beberapa profesi vital yang seharusnya bergaji lebih dari standar yang ditetapkan di tanah air.

1.  Guru
http://ptik.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2014/02/PTIK-Unnes-Guru-diberi-gelar-GR.jpg
Sering meningkatnya kebutuhan hidup demi keberlangsungan hidup guru dan keluarga, untuk zaman sekarang ini sepertinya pepatah yang mengatakan kalau guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa sudah tidak berlaku lagi. 

Profesi guru sangatlah vital, kenapa? Karena di tangan merekalah generasi muda yang cerdas dapat tercipta. Tapi sangat disayangkan kalau profesi ini masih kurang dihargai di tanah air. Semisal untuk di wilayah DKI Jakarta, guru dengan status PNS yang telah memiliki masa kerja diatas 2 tahun bisa memperoleh gaji Rp6 juta per bulan. Coba bandingkan dengan guru di daerah terpencil atau guru honorer sudah sangat beruntung jika bisa memperoleh gaji sebesar Rp2 juta per bulan.

Yang sangat disayangkan, rata-rata gaji guru di Indonesia masih kalah jauh bila dibandingkan dengan gaji guru di Singapura yang bisa menembus nominal angka Rp40 juta per bulan. 

2.  Hakim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSg3vILTuo7DsdGw8PEkzuuIDNhDn_3oS_WrgLDOIfDibZske5IoD0R_MK7OiiO_0uJlDe4SHpE-MWgQa7ZYvZYpjKWTR9ipBLIblsW2g16TW7U3lR459Oc9wuOjEVoVLg1G9OrC7ggtcL/s1600/Hakim-Ist.jpg
Untuk sebuah negara profesi hakim sangatlah vital. sebab ditangan hakimlah terdapat keputusan mengenai bersalah atau idaknya seorang terdakwa di sebuah kasus hukum. Namun sayangnya profesi hakim ini seringkali tersangkut masalah korupsi. Ini bisa jadi kemungkinan besar disebabkan karena penghasilan pokok para hakim agung di Indonesia hanya sekitar Rp10 hingga Rp15 juta per bulan, sedangkan tanggung jawab yang mereka pikul sangatlah besar. Bahkan bisa menyangkut urusan hidup dan mati seseorang. Idealnya, gaji hakim agung di negara maju bisa berkisar di angka Rp200 juta per bulan. 

3.   Dokter
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/konsultasi-dokter-ilustrasi-_130219080152-527.jpg
Karena pengabdian yang tanpa batas, seharusnya para dokter bisa mendapatkan gaji dan kesejahteraan yang sangatlah cukup. Tahun 2013 lalu, dokter di DKI Jakarta yang berpraktik di rumah sakit pemerintahan masih diberi gaji sesuai dengan UMR (Upah Minimum Regional) yaitu sebesar Rp2,2 juta. Nominal ini sebenarnya masih jauh dari gaji para dokter yang bekerja di rumah sakit swasta, sehingga tidak mengherankan kalau banyak dokter yang ogah untuk bekerja di rumah sakit pemerintah, dan mereka lebih memilih untuk bekerja di rumah sakit swasta atau bahkan bekerja di luar negeri. 

Dan ada kabar baik untuk para dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di tahun 2014 ini. Mereka mengusulkan supaya para dokter dan tenaga kesehatan yang melayani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial digaji Rp15 hingga Rp17 juta per bulan. 

4.  Reporter
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0d/Reporter.jpg
Tahukah Anda berapa rata-rata gaji seorang wartawan di Indonesia? Gaji reporter pemula standarnya hanya Rp2 juta per bulan dengan jam kerja yang tidak fleksibel. Namun, ada kabar baik dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta yang menetapkan standar gaji wartawan khususnya reporter yaitu sebesar Rp5,7 juta/bulan. 

5.  Perawat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIjMP0Ip6sdcy4BsMUMPERuOREP2hIoiJqdIZwug2P-NiS1Ftj1oOut7_DlHP35hdlJZIslMFNAB6AhuZoDECgL_lrUQp2INM7Akgx00387QUar9D5Bztvw1lX3cXEtlHgSG-pVTJf3QWD/s320/gambar2.gif
Tidak hanya dokter yang bergaji kecil, tapi para perawat pun memiliki nasib yang sama mengkhawatirkannya. Di daerah terpencil masih ditemukan gaji perawat yang hanya sebesar Rp600 ribu/bulan, atau malahan mereka ada yang rela tidak digaji karena mereka bekerja semata-mata atas dasar panggilan hati nurani. 

Karena rendahnya gaji perawat di Indonesia, menyebabkan banyak perawat lulusan dalam negeri yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri karena tergiur oleh penghasilan yang lebih menjanjikan. Atas kejadian itulah, pemerintah kita saat ini sedang mengusahakan supaya para perawat Indonesia bisa memiliki gaji minimal Rp7 juta/bulan.

sumber:
http://www.aktual.co/urbanitas/163710waduh-di-indonesia-5-profesi-vital-ini-gajinya-kecil-sekali

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Pages

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto Saya
Facebook: https://www.facebook.com/yutdydili.ramadhani Twit: https: @YutdyDili Ask.fm: http://ask.fm/Yutdy

Followers

Search Me