Minggu, 03 Agustus 2014

1. Nama Kebaya terangkat di Miss Universe 2005 dan 2006

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx75jaeGNlxeNcAL4l8JX9nvNxCOtPqcUzMwQ4eHr0587EqH_dnL6VK0E4WTQZX0RW8pQIgcc0KkUJLDwwYUC8mSBSH4hmTjoFkiGfksGDhR_9qC2_dFZBxn_fKAP_gKo7gKa1w1udMYgl/s1600/37-Indonesia.jpg

 Nama Artika Sari Devi berhasil mencuri perhatian dan berhasil menempati posisi 15 besar di ajang Miss Universe 2005.National Costume yang digunakan oleh Artika adalah pakaian khas masyarakat Bali. Pakaian tersebut dirancang oleh Anne Avantie yang merupakan maestro kebaya nusantara. Sentuhannya berhasil membuat pakaian adat masyarakat Bali tersebut terlihat lebih cantik, modern tanpa menghilangkan cita ras asli khas Bali.

Selain itu Artika berhasilmendapat julukan Princess dari sesama kontestas karena sering mengenakan Kebaya- Kebaya yang cantik.. Selain itu seorang kontestan melontarkan lelucon ” klau Miss Indonesia terus mengenakan gaun seperti ini, kami akan keluar dari kontes”
 http://hasjimroshan.blogdetik.com/files/2010/02/007indonesia.jpg
Ketika seorang ratu majapahit melenggang di panggung miss universe 2006. Nadine chandrawinata menggunakan national costume bertemakan ratu kencono wungu. TRIBHUWANA WIJAYATUNGGADEWI (1325-1351) Tribhuwana Wijayatunggadewi adalah penguasa ketiga Majapahit yang memerintah tahun 1328-1351. Dari Prasasti Singasari (1351) dan piagam Berumbung tahun 1351 diketahui gelar abhisekanya ialah Sri Tribhuwanotunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani. Nama asli Tribhuwana Wijayatunggadewi ( disingkat Tribhuwana) adalah Dyah Gitarja. Ia merupakan putri dari Raden Wijaya dan Gayatri. Memiliki adik kandung bernama Dyah Wijat dan kakak tiri bernama Jayanagara.

national costume ini dirancang oleh maestro kebaya indonesia yaitu bunda anne avantie dan aksesoris yaitu mahkota, tongkat, anting2, dan bros dirancang oleh alston stephanus.
National costume ini kabarnya mendapat runner up 1 dalam kontes national costume miss universe 2006.


2. Kostum Kenegaraan dengan properti senjata asli yang pertama di tahun 2006
http://www.thecheapgirl.com/wp-content/uploads/2009/08/Picture-102.png

Mari Mengetahui Esensi Penting Yang Terkandung dalam Busana Nasional Jepang Yang Memenangkan Busana Nasional Terbaik di ajang Miss Universe 2006 !

Hal pertama yang harus anda pahami adalah "Dapat membedakan Samurai dan Katana"

- Samurai ( 侍 ) atau dalam bahasa Jepang disebut bushi atau buke adalah bangsawan militer abad pertengahan dan awal-modern Jepang. Menurut penerjemah William Scott Wilson: "Di Cina, karakter 侍 adalah kata yang berarti menunggu atau menemani seseorang di jajaran masyarakat, dan ini juga sebenarnya dari istilah aslinya dalam bahasa Jepang, saburau. Di kedua negara tersebut istilah tersebut biasanya berarti "mereka yang melayani hadir dekat dengan kaum bangsawan," kemudian lafal tersebut berganti menjadi saburai. menurut Wilson, referensi awal untuk kata "samurai" muncul di Kokin Wakashū (905-914), kekaisaran pertama antologi puisi, selesai pada bagian pertama abad ke-10. Pada akhir abad ke-12, samurai menjadi hampir seluruhnya identik dengan Bushi, dan kata itu terkait erat dengan ksatria kelas menengah dan atas. Samurai mengikuti seperangkat aturan yang kemudian dikenal sebagai Bushido. walaupun samurai masih kurang dari 10% dari populasi Jepang, ajaran mereka masih dapat ditemukan hingga hari ini baik dalam kehidupan sehari - hari maupun dalam seni bela diri modern Jepang.


https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-xfp1/v/t1.0-9/10556291_10152644866112318_305288471859082776_n.jpg?oh=6aff06c6fcfeef1e56835286a9bf51f1&oe=544524D5
Samurai menggunakan beberapa macam jenis senjata, tetapi katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan mereka. Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.
Tahukah Anda ?
Katana yang dibawa oleh Kurara Chibana, Miss Universe Jepang 2006 terbuat dari baja asli pulau Mitsubishi, pulau kosong nan angker tak berpenghuni yang tiba-tiba kosong pada beberapa dekade yang lalu. Katana yang dibawa oleh Kurara Chibana memiliki berat 3,12 kilogram. Kurara yang harus berlakon sebagai seorang Samurai mengaku bahwa dia harus mempelajari esensi penggunaan Katana selama 2 bulan dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sword Handle dalam penjiwaan dengan katana sangat berbeda dengan pedang pada umumnya.



3. Sosok Dewi Yara Berselempang Venezuela di Ajang Miss Universe 2011
http://weddingphotography.com.ph/wp-content/uploads/2011/09/03-Miss-Venezuela-2011-Vanessa-Goncalves.jpg
Vanessa Goncalves, Miss Universe Venezuela 2011 memperagakan busana nasionalnya yang terinspirasi oleh "Diosa Yara" María Lionza atau Dewi Yara, yang menjaga dan melindungi hutan, mewakili mistisisme agama dan ekologi Planet Bumi. Kostum ini dirancang oleh desainer Venezuela dari Negara Bagian Zulia, Nidal Nouaihed.

Maria Lionza adalah tokoh sentral dalam salah satu kepercayaan pribumi paling luas di Venezuela. Agamanya adalah campuran dari Afrika, pribumi, dan keyakinan Katolik mirip dengan Santeria Karibia. Dia dipuja sebagai dewi alam yang cinta damai dan keharmonisan. Dia memiliki pengikut di banyak lapisan masyarakat Venezuela dari desa-desa kecil hingga ke ibukota modern seperti Caracas, hingga didirikan patung untuk menghormatinya.

http://thebestlovespell.files.wordpress.com/2013/12/51cf9-maria-lionza.jpg https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlxCrtz5MrNisxoY3H-jsHmVYnCaEIjtamcybUUw6VuCQuwRXhBAPgWKhMPkTrY_m4VQg7aRxoCYbE9u4N6JSzMq_CaOQd0ubfswej05DQFCHgS7Y_dWFOijPAiLMgsemAp5cSTAUj8Dc/s400/Venezuela+-+Vanessa+Goncalves-26.jpg
Menurut legenda, María Lionza lahir pada 1502 dari wilayah Yaracuy. Nama María Lionza berasal dari Santa María de la Onza ("Saint Mary of the Jaguar"), dari nama lengkap "Santa María de la Onza Talavera del Prato de Nívar". Dia digambarkan sebagai wanita yang baik yang diberkahi kekuatan. menaiki tapir besar. Dikatakan bahwa ia memerintah atas binatang buas, dan di singgasananya adalah hewan asli seperti kura-kura dan ular. Dia juga dipercaya masih tinggal di gunung Sorte, dimana pengikutnya datang memberi penghormatan kepadanya dan memanggilnya "Ratu". Karena tradisi, gunung Sorte dinyatakan sebagai Taman Nasional pada 1980-an.

Busana Nasional karya Nidal Nouaihed ini berhasil menduduki posisi ke-4 sebagai Busana Nasional Terbaik pada perhelatan Miss Universe 2011.



4. Inilah Busana Nasional Dengan Tema Olahraga Pertama Yang Memenangkan Best National Costume di Ajang Kecantikan !
http://i964.photobucket.com/albums/ae123/changprom/tailandia2.jpg

  
Tahukah Anda ?
Busana Nasional Thailand "Muay Thai" yang dibawa ke ajang Miss Universe 2008 ini pernah dikecam oleh Laos, Myanmar dan Kamboja sebagai pelanggaran hak cipta atas penemuan jenis olahraga tersebut. Inilah atittude negara tetangga yang saling bersiteru karena kesamaan budaya. Padahal Muay Thai adalah cabang olahraga yang telah terdaftar di UNESCO dan sepenuhnya adalah milik Thailand.

http://www.piranhagear.com/blog/wp-content/uploads/2013/07/muay-thai-wallpaper-3.jpg Materi :
Muay Thai atau Thai Boxing adalah seni bela diri keras dari Kerajaan Thai. Muay Thai mirip dengan gaya seni bela diri lain dari Indocina, seperti pradal serey dari daerah Kamboja, Tomoi dari daerah Malaysia, lethwei dari daerah Myanmar dan Muay Lao dari daerah Laos. Muay Thai
adalah olahraga nasional Kerajaan Thai dan turunan dari bela diri kuna Muay Boran.

Eksekusi Terhadap Desain :
Desain Busana Nasional Thailand 2008 sangat sederhana dan modern serta mengambil warna khas Thailand. Kain penutup tubuh dari Gavinta melambangkan keterbukaan atas izin hukum budaya yang mempersilahkan kaum wanita untuk berpartisipasi dalam seni bela diri Muay Thai. Sebenarnya kain ini berwarna merah polos, namun desainer memilih untuk menggunakan tenun duplikat emas dengan gradasi merah pekat agar terlihat mahal serta mengganti warna ikatan kain pada tangan dan kaki yang semulanya berwarna putih menjadi abu-abu.

http://diopermana.files.wordpress.com/2011/01/1353.jpg
Eksekusi Gavintra pun tidak main-main. Sebelum memamerkan busana ini di ajang Miss Universe 2008 yang diadakan di Vietnam, Gavintra harus menguasai Teep Trong,Teep Kang, Teep Glub Lang, Teep Tob, dan Sok Sub yang merupakan esensi - esensi penting dalam seni bela diri Muay Thai


5. Saat Cleopatra VII tidak Beruntung di Ajang Miss Universe 2011 
http://vendyxiao.com/wp-content/uploads/2011/09/miss-egypt-sara-el-khouly.jpg
Pada tahun 2011, Mesir mencoba mengangkat kembali tema busana Nasional dari tokoh terkenal pada sejarah Mesir Kuno "Cleopatra". Dalam sejarah Mesir kuno, ada 7 Cleopatra yang tercatat hidup dalam dinasti Mesir awal dan Cleoptra VII lah yang terkenal sebagai sosok yang cerdas serta kecantikannya yang melegenda. 
http://cdni.condenast.co.uk/592x888/a_c/cleopatra_glamour_3jun13_PR_b_592x888.jpghttp://media.santabanta.com/gal/mu2011/National-Costume/national-costume-55.jpg
Busana nasional Mesir karya desainer Rami Al Ali ini, terbuat dari sutra sifon dengan kepingan logam tipis yang menaungi tudung Sara. Busana dijadikan berwarna putih agar terlihat lebih modern sesuai era. Warna putih dipilih karena melambangkan perdamaian, revolusi, dan awal yang baru. 
 
Namun, rupanya Rami Al Ali lupa bahwa padanan warna putih dan perak pada busana adalah hal yang mubasir. Busana ini kemudian terkesan sederhana dan gagal dalam eksekusi warna serta bentuk yang terlalu umum untuk sebuah tema yang luar biasa.

6. Opera Cina terangkat kembali 
http://justcadd.files.wordpress.com/2011/09/miss-china.jpg
 Zilin Luo, MU CHINA 2011 memperagakan busana nasionalnya yang bertema Kunqu (opera cina). Kostum ini adalah karya desainer Guo Pei.

Kunqu (崑曲; pinyin: Kūnqǔ; Wade-Giles: k'un-ch'ü), juga dikenal sebagai Kunju, Opera Kun atau Opera Kunqu, adalah salah satu bentuk opera Cina yang paling tua. Ia berkembang dari melodi Kunshan, dan mendominasi teater Cina dari abad ke-16 hingga ke-18.

Kunqu membanggakan sejarahnya sepanjang 600 tahun dan dikenal sebagai "guru" atau "induk" dari seratusan opera, karena pengaruhnya yang luas terhadap bentuk-bentuk teater Cina lainnya, termasuk Jingju. Bentuk opera ini muncul bersamaan dengan Zaman Keemasan kedua dari drama Tionghoa, tetapi pada awal abad ke-20 ia hampir musnah. Hal ini semakin diperparah oleh usaha-usaha yang sengaja untuk menghapuskannya pada masa Revolusi Kebudayaan.

Opera ini menampilkan dua pemeran utama (pria dan wanita), serta dibantu aktor yang berperan sebagai orang tua dan sejumlah pemeran tokoh komikal. Pertunjukan berupa tari dan nyanyi yang diiringi alat musik tiup, alat musik gesek, dan perkusi. Berbeda dari opera Beijing, opera Kunqu tidak menggunakan dialog, melainkan hanya nyanyian dibawakan dengan memadukan teknik falseto bercampur vokal natural.
 
http://ww2.sinaimg.cn/large/67645f06tw1dk1e3o4mflj.jpg
Saat ini, Kunqu dipentaskan secara profesional di tujuh kota di daratan Cina: Beijing (Teater Kunqu Utara), Shanghai (Teater Kunqu Shanghai), Suzhou (Teater Suzhou Kunqu), Nanjing (Teater Kunqu Provinsi Jiangsu), Chenzhou (Teater Kunqu Hunan), Kabupaten Yongjia/Wenzhou (Teater Kunqu Yongjia) dan Hangzhou (Teater Kunqu Provinsi Zhejiang), maupun di Taipei. Perhimpunan-perhimpunan opera non-profesional aktif di berbagai kota di Cina maupun di luar negeri, dan kadang-kadng juga mengadakan pementasan keliling.

Kunqu didaftarkan sebagai salah satu dari Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada 2001. Melodi atau nadanya termasuk salah satu dari Empat Melodi Khas Besar dalam opera Cina. Opera ini merupakan suatu opera yang sebanding dengan opera modern.


7. Sosok Roh Penjaga Kuil Yang Spektakuler

http://d.ibtimes.co.uk/en/full/156787/miss-thailand-2011.jpg
Busana nasional Thailand tahun itu terinspirasi dari Norasingh, yaitu roh penjaga kuil kerajaan Thailand. Dideskripsikan sebagai perwujudan setengah manusia dan setengah singa, Norasingh terlihat menawan dalam balutan warna emas. Selain itu, ciri Norasingh lainnya yang menonjol adalah dada yang telanjang, kaki singa yang panjang nan anggun, serta ekor singa yang terlihat flamboyan dengan ujung ekor nampak seperti api yang berkobar. Semua ciri itu dipertahankan oleh Chanyasorn kecuali, tentu saja, bagian dada dan ekor singa. 
 http://www.worlddreambank.org/N/NORASING.JPG
Untuk bagian ekor singa, desainer sengaja menggantinya dengan kain panjang berwarna emas yang dililitkan di pinggang dan salah satu sisinya dibiarkan menjuntai ke lantai sehingga dapat 'dimainkan' ketika Chanyasorn sedang memeragakannya di catwalk. Teknik mengibarkan rok atau kain saat sedang berjalan memang ampuh menegaskan kesan anggun dari model. Selain itu, membuat ekor singa yang panjang selain rumit malah akan mengganggu pemakainya saat sedang berjalan. Untuk sepatu, memilih tampil simple dengan high heels warna emas dengan corak emas berbentuk sayap di atas tumit yang selaras dengan keseluruhan busana yang memang dominan gold and black. Tanpa terlihat terlalu vulgar meski memakai bahan transparan untuk menutupi tubuh, busana ini telah sukses mengadopsi karakter mistis The Norasingh.



8. Prajurit Suku yang Hilang Kembali
 
Natalie vertiz, MU PERU 2011 mepresentasikan busana nasionalnya yang bertema Inca Warrior. kostum ini dilengkapai sayap dg gambar situs Machu Picchu di sebelah kiri. situs bersejarah di Peru.

http://justcadd.files.wordpress.com/2011/09/nc2-peru.jpg Siapa Sesungguhnya Suku Inca?
Suku Inca (Inka) adalah orang-orang asli Amerika Selatan yang memerintah sebuah kerajaan besar di wilayah Amerika Selatan. Jantung kerajaan kaya ini berada di wilayah sekitar Cusco, atau Cuzco, sebuah kota di lembah Pegunungan Andes yang sekarang merupakan wilayah selatan Peru. Sebuah jaringan jalan menghubungkan Cusco, ibukota Inca, dengan seluruh kerajaan.

Didirikan pada 1430 itu, kerajaan Inca membentang lebih dari 4.020 kilometer di sepanjang pantai barat dan pegunungan Amerika Selatan. Wilayahnya juga meliputi daerah yang sekarang menjadi negara Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, dan Ekuador. Tanah yang dikuasai oleh kerajaan Inca meliputi hutan hujan dan padang pasir yang keras dan membentang dari pegunungan tinggi hingga sepanjang pantai Pasifik.

Dimulai pada awal 1400-an, kerajaan Inca mulai menaklukkan kerajaan-kerajaan tetangganya. Selama 100 tahun lebih, bangsa Inca membangun kerajaan terbesar dari semua bangsa Indian Amerika. Para arkeolog memperkirakan sekitar 3.500.000 sampai 7.000.000 orang hidup di bawah kekuasaan Inca.

https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfp1/v/t1.0-9/q71/s720x720/10552413_961950043831248_5252186449163914077_n.jpg?oh=094007a8a79234a3afed6a01d002baff&oe=5447A1ED&__gda__=1414376772_52ed600b39bc8917b53ed2fa29c05603



Kerajaan Inca yang perkasa ini berakhir secara tiba-tiba di tahun 1530. Conquistador atau tentara-penjelajah Spanyol tiba di tanah Inca. Dipimpin oleh Francisco Pizarro, conquistador membunuh penguasa Inca dan menguasai Cusco. Namun, orang-orang Spanyol membutuhkan waktu sekitar 40 tahun untuk menaklukkan kerajaan Inca sepenuhnya. Dan Machu Picchu (bahasa Quechua Machu Pikchu, "Gunung Tua"; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah peninggalan terbesar dari peradaban Inca kuno. Machu Picchu adalah kota yang dibangun tinggi di pegunungan Andes, Peru. Situs yang berada 2.400 meter di atas permukaan laut ini terletak sekitar 80 kilometer barat laut Cuzco (ibukota kerajaan Inca).

Machu Picchu Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983, Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007, Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham dari situs tersebut pada awal abad 20.


 

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Pages

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto Saya
Facebook: https://www.facebook.com/yutdydili.ramadhani Twit: https: @YutdyDili Ask.fm: http://ask.fm/Yutdy

Followers

Search Me