Kamis, 03 Oktober 2013

Di zaman yang serba maju ini, terkadang banyak banget godaan yang berdatangan. Entah itu godaan barang online shop, barang diskon, sampai ke godaan mantan yang tiba-tiba datang pas kita udah hampir move on padahal cuma mau nawarin MLM. Entah hubungannya apa sama kemajuan zaman, yang jelas godaan terbesar cewek (mungkin juga cowok) adalah barang diskonan dan gadget-gadget canggih yang semakin hari semakin keren dari segi fitur dan bentuknya.

Ya jadi jangan heran aja deh ya kalau anak zaman sekarang rela usaha ngapain aja agar mereka bisa beli barang atau gadget yang lagi happening, termasuk ngerayu orang tua mereka masing-masing.

Tapi tahukah kamu kalau kita terus-terusan minta sama orang tua itu akibatnya kita jadi manja? Nah, untuk itu buat kamu yang nggak kepengin punya sifat atau memiliki kebiasaaan manja sama orang tua hingga dewasa, coba deh mulai dari sekarang kalian mencoba hidup mandiri. Hidup mandiri di sini bukan berarti kamu harus ngerantau ke kota dan ngamen dari kopaja ke kopaja biar dapet duit. Nggak mesti gitu.

Tapi mandiri di sini maksudnya kamu dituntut untuk mandiri dari hal kecil. Contoh: beli barang pake duit sendiri.

Naaaaaah, ternyata eh ternyata, beli barang pake duit sendiri itu tersimpan banyak manfaatnya lho. Apa aja sih?

Bangga
Kamu pasti pernah/sering denger kalau ada orang yang ngomong, “Halaaah, masih dibeliin orang tua aja belagu. Sok pamer.” Atau, “Jangan pamer deh, kalau belinya masih pake duit orang tua.”

Nah, sebenarnya dari perkataan ini juga kita bisa tau kenapa kalau kita beli barang pakai duit sendiri tuh jadi punya rasa bangga tersendiri. Iya coba bayangin aja, yang tadinya kalau apa-apa serba minta ke orang tua dan ngerepotin orang tua, eh tiba-tiba sekarang udah bisa beli barang yang kamu mau dengan hasil tabungan kamu sendiri. Nggak nyusahin orang.

Ya walaupun seandainya kamu beli barang yang harganya nggak mahal, asalkan pake uang sendiri pasti di pikiran kamu nanti akan terlintas omongan kayak gini deh, “Yesss gue udah bisa beli barang ini! Pake duit sendiri lagi ya kaan. Dan buat lo yang masih dibeliin sama orang tua, hmm….. hareeee geneeee masih dibeliin. Haree geneeee..”  Gitu.

Ya dari sini juga kamu nggak perlu takut lagi deh buat diledekin lagi sama temen, toh itu belinya pake duit kita sendiri, bukan orang lain.

Ngebahagiain Diri Sendiri
Kalau ngomongin masalah bahagia, emang deh, yang namanya kebahagiaan terbesar paling gampang datang dari diri sendiri.

Ya contohnya kayak ngerjain soal ujian deh. Coba bayangin seandainya kita belajar giat, ngorbanin waktu senang-senang buat belajar, lalu pas ujian kita bisa dan hasilnya memuaskan. Pasti itu bahagianya bener-bener bahagia banget deh.

Beda kalau kita nggak belajar, nyontek, trus dapet nilai memuaskan. Bahagia sih sebenarnya gara-gara nilai bagus, tapi bahagianya nggak dari hati. Cuma kelihatan dari luar aja gitu, di depan orang-orang doang. Tapi pas merenung di kamar sendirian, kamu sadar kamu nggak bahagia-bahagia amat.

Untuk kali ini sama aja deh kayak kita beli barang yang kita inginkan tapi pakai uang sendiri. Ya bisa dibilang rasanya puas banget secara kita udah capek-capek kerja keras ngumpulin uang, ngorbanin sesuatu, eh barang yang kita penginin akhirnya kebeli. Pasti rasanya seneng kayak… kayak abis beli barang pake duit sendiri.

Nggak Ngerepotin Orang Tua
Kadang remaja kekinian senang banget nuntut-nuntut orang tuanya, udah gitu nggak mikirin efek dan akibatnya lagi. Kali ini contoh nuntutnya nuntut dibeliin gadget deh, coba di sini kami tanya, siapa yang beli gadget pake uang sendiri? Kayaknya masih jarang deh.

Malah ada juga anak yang kalau ada gadget keluaran terbaru, penginnya langsung dibeliin di hari itu juga. Dan seandainya nggak dibeliin malah ngambek, bete, marah-marah, bakar-bakar ban, sampe nutup jalan. Dulu alasan orang pengin beli gadget, karena butuh atau minimal karena suka dan fiturnya keren, tapi zaman sekarang ada yang pengin beli gadget alasannya, “Kan temen-temen aku pada punya, masa aku nggak?

Ya begitu lah kalau orang yang mikirin diri sendiri. Coba kalau dia mikirin orang tuanya, pasti nggak akan deh dia nuntut-nuntut hal yang sebenarnya nggak penting kayak gitu. Padahal kan biasanya orang tua nggak ngebeliin kemauan anaknya itu bukan gara-gara dia nggak sayang, tapi terkadang dia memikirkan masa depan anaknya.

Nah maka dari itu, seandainya kamu bisa beli barang/gadget yang kamu mau dengan memakai uang kamu sendiri, secara nggak langsung itu udah ngurangin beban orang tua kamu banget lho. Jadi nggak nambahin beban pikiran mereka, udah gitu kamu jadi dapet pahala deh.

Awet
Segala sesuatu yang untuk mendapatkannya butuh usaha yang besar, biasanya bakalan nggak rela kalau dia hilang atau rusak begitu aja. Ya sama aja kayak pacar sebenarnya. Udah dapetinnya susah, pake usaha, modal, masa rela begitu aja kalau hilang, apalagi hilangnya gara-gara diambil teman baik sendiri. Pasti nggak akan rela banget deh buat ngelepasnya.

Nah, sama aja nih kayak kasus kita kali ini. Segala sesuatu yang kita beli dengan memakai uang sendiri, pasti bakalan lebih awet deh daripada yang didapetin begitu aja, modal nadahin tangan ke orang tua doang.

Ya itu sih udah manusiawi menurut kami, soalnya kan untuk mendapatkan uang itu nggak mudah, apalagi di zaman sekarang. Yang pasti sih butuh kerja keras banget. Jadi nggak bakalan rela deh kalau barang yang kita beli itu kenapa-napa. Makanya, barang yang dibeli pake duit sendiri cenderung lebih awet karena lebih dijaga.

Latihan
Buat kamu yang belum tahu, masa depan itu masa yang paling paling nyeremin, karena semuanya nggak pasti. Dan ketidakpastian adalah hal yang paling pasti. Bisa dibilang kalau nasibnya mujur, ya bakalan sukses. Tapi begitu juga sebaliknya, kalau seandainya nggak mujur, ya bakalan hidup susah. Toh di masa depan nanti tuh kita nggak akan ada lagi yang namanya minta-minta sama orang tua. Pasti makin malu.

Kehidupan udah masing-masing. Jadi untuk mendapatkan uang ya kamu mau nggak mau harus kerja keras. Itu tuntutan hidup namanya.

Nah, sisi baik dari kamu yang kalau beli apa-apa pakai duit sendiri ya ini, kamu jadi akan terbiasa hingga nanti sampai kamu dewasa. Maksudnya terbiasa di sini ya terbiasa nggak minta-minta uang sama orang tua ya. Jadi membangun mindset di otak kamu kayak gini, “Gue harus kerja keras! Biar bisa dapetin yang gue mau!” Gitu.

Di sini siapa aja nih yang apa-apa serba maunya dibeliin orang tua? Cuma saran sih, kalau kamu nggak ngelatih mandiri dari sekarang, ya kapan lagi? Minimal kalo belum sanggup beli 100% pake duit sendiri, ngumpulin semampunya, terus sisanya boleh lah ditambahin orang tua. Jadi, orang tua bisa liat segimana usaha kamu, dan itu ngeringanin beban mereka juga kan.

Siapa yang udah pernah beli barang pake duit sendiri? Angkat tangaaaaan! Apa barangnya?


Sumber:
http://www.nyunyu.com/main-article/detail/kenapa-kamu-harus-beli-apa-apa-pake-duit-sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Pages

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto Saya
Facebook: https://www.facebook.com/yutdydili.ramadhani Twit: https: @YutdyDili Ask.fm: http://ask.fm/Yutdy

Followers

Search Me