Rabu, 28 Agustus 2013


1. Acara dan Kontestan

Miss World 2013 akan menjadi edisi ke-63 dari kontes kecantikan Miss World. Rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 28 September 2013 di Jakarta(tepatnya BogorJ) & Bali. 
http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/02/d4/7e/a7/nusa-dua-beach-hotel.jpghttp://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/62040298.jpg
Karantina akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali. Sedangkan malam penobatan oleh Wenxia Yu yang menang tahun lalu akan dilaksanakan di Sentul International Convention Center Bogor, bukan Jakarta haha. Kontestan tahun ini terhitung 131, yang tidak ikut tahun ini adalah peserta dari Bonaire, Malawi, Sierra Leone, Zimbabwe, dan dari Israel(tidak perlu dijelaskan dh alasannya, You know what lh...). Kalau negara yang baru Debut ada Kamerun, Guenia, Guenia Bissau, Kossovo, dan Uzbekistan. Sedangkan negara yang tahun sebelumnya dan sebelum-belumnya tidak ikut karena alasan tertentu namun sekarang tampil mewakili negaranya lagi yaitu dari British Virgin Islands, Cape Verde, Chinese Taipei, Dominica, Ghana, Haiti, Kyrgyzstan, Lesotho, Moldova, Namibia, Romania, Samoa, Switzerland, Tunisia, Zambia. Yang terlama tidak berpartisipasi adalah Haiti(terakhir ikut tahun 1975). Kalau dilihat yang pernah mengikuti ajang lain, Georgia dan Guyana akan mengirimkan perwakilan yang juga mengikuti ajang Miss Universe tahun 2012. Keduanya kurang menonjol pada ajang tersebut, lalu bagaimana dengan yang sekarang? Yang lebih unik adalah Elmira Abdrazakova perwakilan Rusia, dia juga berpartisipasi di Miss World dan Miss Universe tahun ini. Jadi setelah ikut ajang Miss World di Indonesia, ia bersiap-siap jadi tuan rumah Miss Universe 2013...Wow Rusia bisa menilai langsung dan belajar dari Indonesia nih untuk menjadi Tuan Rumah. 
http://www.rugusavay.com/wp-content/uploads/2013/07/Elmira-abdrazakova-4.jpg
Elmira Abdrazakova

Ada yang unik lagi nih pada acara karantina di Bali nanti, yaitu para kontestan akan dikawal para Polwan dan Kowad yang berpakaian adat Bali yang juga berbaur. Jadi, yang lagi libur di Bali jangan macam-macam godain cewek Bali yang lagi mondar-mandir, bisa aja dia Polwan atau Kowad yang lagi jaga hahaha. Angka kasarnya yang akan menjaga keamanan acara tersebut akan dikerahkan 1000 personel. 
http://mayadewi.files.wordpress.com/2013/02/gadis-bali.jpg
Bisa aja nih Polwan


2. Pertama kali menjadi tuan rumah

Miss World tahun ini diadakan di negara terindah yang paling kita cintai ini, Indonesia. Untuk pertama kalinya, bahkan juga yang perdana diadakan di Asia Tenggara. Ternyata, ada beberapa alasan ajang bergengsi di dunia tersebut diselenggarakan di Tanah Air. Adjie S. Soeriatmadja, Head of Secretary Division RCTI mengatakan. Miss World Organization melihat bagaimana setiap tahun kontestan Indonesia memiliki misi sosial. Bahkan, selama lima kali berturut-turut kategori Beauty with a Purpose yang merupakan kegiatan sosial dari kontestannya berhasil diraih Indonesia. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhweKNNSVZ37MeG8OMdaR5THnL0PLBR95sZR1DEfNDB4yN6OuzvpIO9yYoAWeNYe4UD9gBkRrUZyw9pjJNwjKOd5lYQ-9Fwu_P2SFVOKYJ7KFGt2MpII5TwZLac0Q6wHW7Kr9ZP0Sn2H8M/s320/302414_10150446954709974_266360019973_10246102_247742864_n.jpg
"Indonesia selalu menang fast track di Beauty with a Purpose. Bahkan, kita pernah juara pertama dengan Ghana di sesi ini. Lalu mereka tertarik dan kemudian mengundang kita". Kalau diingat-ingat pas yahun itu, memang salut dua jempol deh buat Astrid Ellena yang misi sosialnya tentang membantu penderita kaki gajah. Aku aja merinding ketika nama Indonesia dipanggil menang fast track ini. Terus, bagaimana dengan Vania Larisa yang dengar-dengar misi sosialnya tentang promosi rajin mencuci handuk?  simpel, unik dan kritis, namun bisakah menggugah hati para juri nanti?

Kembali ke Tuan Rumah... Menurut Bang Adjie, saat itu ada beberapa negara yang tertarik menjadi tuan rumah ajang ini. Namun rupanya, pihak Organisasi Miss World lebih memilih Indonesia daripada negara lain. "Pada saat itu, ada Filipina yang sudah siap menjadi tuan rumah. Tapi ketika diundang, kita sampaikan bahwa Indonesia tidak seperti negara lain, ada aturan yang harus diikuti," terangnya. Bahkan Julia Morley berpendapat bahwa kita harus menghormati culture kita. Wah.. Padahal, kalau saja diadakan di negara tetangga kita yang satu ini, ajang ini pasti dijamin lancar karena negara tetangga kita yang satu ini suka banget sama ajang-ajang kecantikan.
http://cbswild941.files.wordpress.com/2010/09/picture-44.png?w=385&h=214
Liat aja di Youtube bagaimana kehisterisan mereka saat Filipina masuk 5 besar di Miss Universe 2010

3. Mengubah sejarah Miss World

Ada yang berbeda pada pergelaran ajang Miss World tahun ini, sesi bikini yang notabene sudah menjadi ciri khas tersendiri untuk ajang tersebut dihapus dan diganti dengan penggunaan sarung tradisional Bali. Ya, keputusan ini diambil oleh dewan Miss World yang bermarkas di Inggris, karena kekhawatiran akan timbulnya penolakan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam, selaku tuan rumah terhadap ajang yang sudah digelar sejak tahun 1951 ini. 

Penghapusan sesi bikini sendiri malah membuat kontroversi baru, banyak komentar miring terhadap keputusan tersebut, contohnya Donald Trump si pemiliki Miss Universe ikutan buka suara, saat ditanya pendapatnya tentang polemik tersebut dalam acara Fox and Friends “Saya pemilik Miss Universe, jadi sebenarnya saya senang-senang saja mendengarnya,” sindirnya halus. Kalau menurutku, justru komentar dia nih yang bikin orang penasaran. Secara tidak sengaja Donald Trump ikut mempromosikan Miss World 2013 yang berbeda dari biasanya, karena tanpa sesi bikini.
http://globalbeauties.com/blog/wp-content/uploads/2013/01/nana13.jpg
Kekecewaan sebagian pihak tentulah beralasan, bila dilihat dari sisi sejarahnya Miss World sendiri dulunya merupakan sebuah festival kontes bikini, yang diprakasai oleh Eric Morley pada pertengahan abad ke 20 silam, tentu akan sedikit janggal bila sesi bikini ditiadakan. Walau begitu, antusias publik Indonesia untuk menyambut ajang besar ini tidak hilang begitu saja. Indonesia memang hebat menjadi tuan rumah, Indonesia bisa mengubah bagian dari sejarah penyelenggaraan Miss World, karena baru Indonesia yang menyelenggarakan ajang dengan slogan “Beauty with A Purpose” ini tanpa sesi bikini.


4. Prokontra acara

Kontra dari Ormas-ormas sudah banyak sekali disiarkan, dan alasan-alasannya juga semuanya sudah tahukan. Lalu uniknya ada ormas yang Pro pada acara ini, yaitu Majelis Utama Desa Pekraman (MUDP) yang merupakan wadah Desa Adat di Bali mendukung kontes Miss World yang akan digelar di Bali pada September mendatang. 
http://korandetikbali.com/wp-content/uploads/2013/07/1007-temu-wirasa-300x189.jpg
Ketua MUDP Provinsi Bali Jero Gede Suwena yakin pemerintah telah melakukan kajian yang matang sehingga event internasional tersebut layak digelar di Bali. "Saya yakin dan percaya pemerintah memberi izin untuk tujuan yang baik bukan yang jelek," ujar Jero Gede Suwena"Kita mendukung kegiatan itu sepanjang tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama yang ada di Bali," katanya lagi. MUDP mengajak warga desa adat di Bali untuk menghormati penyelenggara Miss World dan mendukung kegiatan yang akan mendatangkan manfaat, khususnya dari sektor pariwisata di Bali. Suwena mengaku sudah mengetahui sedikit banyak kegiatan para wanita cantik dari seluruh belahan dunia tersebut selama berada di Bali, di antaranya mengunjungi obyek wisata. Suwena mendukung kegiatan tersebut selama masih menjaga nilai-nilai agama dan budaya bangsa Indonesia. Seperti diberitakan, penyelenggaraan Miss World 2013 di Bali dan Jakarta pada September mendatang menimbulkan pro dan kontra dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kebiasaan kontes bikini yang tidak sesuai dengan norma dan agama di Indonesia. Namun panitia telah menyosialisasikan bahwa Miss World 2013 di Indonesia tidak ada kontes bikini.


5. Pemenang Tahun Lalu
http://www.straitstimes.com/sites/straitstimes.com/files/imagecache/story-gallery-featured/missworld1e.jpg
Pada tanggal 18 Agustus 2012 Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemenang Miss World 2012 berasal dari RRC, yaitu Wenxia Yu. Akan tetapi, kemenangannya banyak menuai respon negatif di internet. Banyak yang merasa kecewa atas kemenangannya. Mereka menganggap ada kecurangan dalam Miss World tahun lalu yang dimenangkan tuan rumah. Wenxia Yu memenangi gelar Miss World 2012 yang diadakan di Dongsheng Fitness Center Stadium, Kota Ordos, Mongolia Dalam, China. Dia berada di posisi Runner Up ke-4 selama penyelenggaraan kontes Miss World Beach dan runner-up kedua dalam Miss World Top Model. Ia memenangi kompetisi Miss World Talent Performance dan akhirnya muncul sebagai pemenang Miss World 2012. Ia menjadi wanita kedua yang meraih gelar tersebut dari negaranya setelah Zhang Zilin dari China pada tahun 2007. Disesi tanya jawab akhir ketika Dia ditanya dengan pertanyaan yang sama dengan finalis lain yaitu “Why they should win the Miss World Title?” Dia menjawab dengan bantuan penerjemah(Cuma dia yang pakai penerjemah lho) : “Ketika saya muda, saya merasa sangat beruntung karena banyak orang yang membantu saya. Dan saya berharap di masa depan saya dapat membantu banyak anak-anak untuk merasa beruntung”. Yu adalah anak dari orangtua seorang petani yang bercita-cita menjadi seorang guru musik.
http://tengrinews.kz/userdata/news_en/news_5472/thumb_b/photo_10331.jpg
Ivian Lunasol Sarcos Colmenares adalah ratu kecantikan Venezuela yang memenangi gelar Miss World 2011 dan Miss World Venezuela 2010. Ivian adalah mahasiswa jurusan diplomasi. Berbeda dengan pemenang yang biasanya berasal dari latarbelakang model, ia justru sedang belajar untuk menjadi biarawati. Menjadi yatim piatu pada usia 8 dikarenakan orang tuanya meninggal, Sarcos dibesarkan oleh para biarawati di sebuah biara di Cojedes. Dia dimaksudkan untuk menjadi biarawati, tapi dia akhirnya menyerah atas ide tersebut dan menyadari bahwa penampilannya akan memberikan kesempatan untuk menjadi terkenal dan dia memulai kariernya sebagai model.




Sumber:

http://lifestyle.okezone.com/read/2013/08/28/195/856980/alasan-indonesia-terpilih-tuan-rumah-miss-world-2013

http://regional.kompas.com/read/2013/08/28/1730031/Desa.Adat.Bali.Dukung.Miss.World.2013?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

http://sosbud.kompasiana.com/2013/06/17/sejarah-baru-untuk-pertama-kalinya-miss-world-tanpa-sesi-bikini-565815.html

http://lookup.feedreader.com/Yu_Wenxia_Answer_Portion

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Pages

Social Icons

Social Icons

About Me

Foto Saya
Facebook: https://www.facebook.com/yutdydili.ramadhani Twit: https: @YutdyDili Ask.fm: http://ask.fm/Yutdy

Followers

Search Me